Jumat, 22 Juli 2016

[ Share All ] - Software Rekomendasi Cek Hardisk

HDD Scan
Share All - Kembali lagi, dengan Penulis yang banyak cakap tapi ilmunya tetap bermanfaat. Amiin.
Ilmu ini, didapat dari Pengalaman yang baru saja Penulis alami. Sedikit basa basi. Tadi siang, Penulis kedapatan Penjual yang sedang membutuhkan Uang sehingga ia menjual Hardisk dengan harga yang sangat murah. Tentunya Penulis merasa tergiur dengan harga yang murah, tetapi mendapatkan kapasitas hardisk yang jauh di atas harga si Penjual itu.

Tak banyak cakap, Penulis langsung mengecek Hardisk tersebut dengan beberapa Perspektif atau cara. Sesuai dengan Postingan kemarin, yaitu "Tips Membeli LCD Bekas Berkualitas" . Nah saat ini pun, hal tersebut Penulis implementasikan dengan barang yang berbeda. Tentunya dengan pemakaian software pula.

Beberapa Software atau Aplikasi yang bermanfaat ketika akan membeli sebuah Hardisk Second adalah :

1. HDD Sentinel
HDD Sentinel adalah sebuah Aplikasi yang fungsinya terdapat pada pengecekan secara internal. Dalam kata lain, HDD Sentinel ini akan mengecek apakah Hardisk tersebut masih layak digunakan atau tidak. Biasanya akan muncul seperti ini ketika Reader menggunakan Software tersebut :
Jika Hardisk dalam keadaan baik, biasanya terletak pada Prosentase di atas 70% . Jika dibawah 70% maka dianggap kurang baik / jelek.
Untuk mendownload Software / Aplikasi, Reader tinggal meng-klik disini : Download .

2. HD Tune
HD Tune adalah sebuah Aplikasi yang guna nya untuk mengecek sector yang rusak pada sebuah Hardisk. Untuk cara penggunaan, Penulis tidak ungkapkan disini karena konteks nya hanya sebagai Title saja. Untuk cara penggunaan, mungkin akan Penulis kupas lebih jauh. Tetapi nanti di Artikel berikutnya.
Cuplikannya seperti ini :
Blok warna merah, pada keterangan HD Tune itu berarti Sector yang rusak. Sedangkan Blok warna hijau, pada keterangan HD Tune berarti Sector yang masih bagus.

Nah, Reader. Bagaimana, sedikit Info yang bisa penulis berikan untuk Cara Memilih Hardisk yang layak digunakan.

Semoga bermanfaat. Jika berkenan, Reader bisa like Fanspage Penulis disini :
MS Computer Purwakarta