Jumat, 08 Januari 2016

[ Share All ] - Ketika Startup PC, Malah Stuck Di BIOS


Selamat pagi sobat ShareAll yang masih setia lihat postingan terbaru dari saya. Oke kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang bagaimana cara agar BIOS tidak Stuck/Freeze/Hang ketika CPU mengalami Startup atau ketika User menekan tombol Power pada casing. 

Sesuai seperti yang saya alami saat ini, ketika saya sedang mencoba untuk memperbaiki CPU Dengan spesifikasi :
- Motherboard P4M800PRO DDR 2 
- RAM 256 MB x 2
- DVD Rom Ide

Waktu yang saya habiskan untuk memperbaiki CPU ini yaitu sekitar 1 minggu, Cukup lama bukan . Tapi saya tidak langsung putus asa. Dengan rasa keingintahuan saya, saya pun mencoba searching di Google tentang bagaimana Bios tidak Stuck pada saat Startup. Tapi apa daya, semua Tutorial atau step yang saya dapatkan di Google tidak bisa menyelesaikan masalah ini.

Adapun beberapa cara yang diberikan para user di Forum :
- Cek Baterai CMOS / Ganti Baterai CMOS / Lepaskan Baterai CMOS ( -+ 5 - 10 Menit )
- Cabut Kabel yang terhubung dengan Power Supply / Motherboard / Komponen
- Cek Hardware 1 Per 1 Pada Motherboard atau CPU yang lain
- Cabut RAM 1 Per 1.


Lalu terbesit di fikiran saya untuk mencoba menge-cek Processor pada Motherboard. Dan alhasil inti permasalahan yang terjadi adalah karena Processor tersebut terlalu panas / Overheat yang menyebabkan Bios akan Hang. 

Saya coba untuk memberikan Thermal Pasta pada Processor, lalu saya pasang lagi processor pada motherboard, dan tak lupa juga saya memasangkan Fan Processor pada Motherboard. 


Setelah itu, saya ucapkan Basmalah dalam hati, dan alhasil Akhirnya BIOS berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

Semoga cerita pengalaman saya bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencoba memperbaiki Permasalahan Komputer anda sendiri.